Panduan Penilaian Afektif/Sikap pada Modelling the Way
Adapun hal-hal yang dinilai dalam pembelajaran Modelling the Way berkaitan dengan aspek Afektif atau sikap adalah sebagai berikut :
1. Antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran
a. Siswa memperhatikan penjelasan guru
0. Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru
1. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru
2. Siswa memperhatikan penjelasan guru
b. Siswa secara spontan memberikan tanggapan apabila guru memberikan pertanyaan
0. Siswa tidak memberi tanggapan
1. Siswa kurang spontan memberikan tanggapan
2. Siswa spontan memberikan tanggapan
c. Siswa tidak mengerjakan pekerjaan selain yang menyangkut pembelajaran
0. Siswa sering mengerjakan pekerjaan selain yang menyangkut pembelajaran
1. Siswa kadang-kadang mengerjakan pekerjaan selain yang menyangkut pembelajaran
2. Siswa tidak mengerjakan pekerjaan selain yang menyangkut pembelajaran
2. Interaksi siswa dengan guru
a. Siswa bertanya kepada guru
0. Siswa tidak bertanya kepada guru
1. Siswa kadang-kadang bertanya kepada guru
2. Siswa sering bertanya kepada guru
b. Siswa menjawab pertanyaan guru
0. Siswa tidak menjawab pertanyaan guru
1. Siswa kadang-kadang menjawab pertanyaan guru
2. Siswa sering menjawab pertanyaan guru
c. Siswa mengemukakan pendapat kepada guru
0. Siswa tidak mengemukakan pendapat kepada guru
1. Siswa kadang-kadang mengemukaan pendapat kepada guru
2. Siswa sering mengemukakan pendapat kepada guru
3. Interaksi siswa dengan siswa
a. Siswa bertanya kepada teman
0. Siswa tidak bertanya kepada teman
1. Siswa kurang bertanya kepada teman
2. Siswa sering bertanya kepada teman
b. Siswa menjawab pertanyaan teman
0. Siswa tidak menjawab pertanyaan teman
1. Siswa kadang-kadang menjawab pertanyaan teman
2. Siswa sering menjawab pertanyaan teman
c. Siswa menanggapi pertanyaan teman
0. Siswa tidak menanggapi pertanyaan teman
1. Siswa kadang-kadang menanggapi pertanyaan teman
2. Siswa sering menaggapi pertanyaan teman
4. Sikap siswa mengikuti pembelajaran
a. Siswa mengacungkan tangan saat mengikuti pembelajaran
0. Siswa tidak pernah mengacungkan tangan
1. Siswa jarang mengacungkan tangan
2. Siswa sering mengacungkan tangan
b. Siswa mencatat penjelasan pertanyaan yang penting
0. Siswa tidak mencatat penjelasan yang penting
1. Siswa kadang-kadang mencatat penjelasan yang penting
2. Siswa selalu mencatat penjelasan yang penting
c. Siswa mengerjakan tes yang diberikan oleh guru
0. Siswa tidak mengerjakan tes
1. Siswa kadang-kadang mengerjakan tes
2. Siswa selalu mengerjakan tes
5. Partisipasi siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran
a. Siswa mengacungkan tangan untuk ikut menyimpulkan
0. Siswa tidak mengacungkan tangan
1. Siswa kadang-kadang mengacungkan tangan
2. Siswa sering mengacungkan tangan
b. Siswa melengkapi kesimpulan yang telah diungkapkan oleh temannya
0. Siswa tidak melengkapi simpulan temannya
1. Siswa sedikit melengkapi simpulan temannya
2. Siswa melengkapi simpulan temannya
c. Siswa memberi tanggapan terhadap simpulan temannya
0. Siswa tidak memberikan tanggapan terhadap simpulan temannya
1. Siswa sedikit memberikan tanggapan terhadap simpulan temannya
2. Siswa memberikan tanggapan terhadap simpulan temannya
1 komentar:
mohon diperhatikan yy
Posting Komentar